Arti Pentingnya Organisasi dan Metode
3. Manajemen dan Tata Kerja
Istilah manajemen berasal dari kata kerja to manage berarti control. Dalam bahasa indonesia dapat diartikan: mengendalikan, menangani atau mengelola. Selanjutnya, kata benda "manajemen" atau management dapat mempunyai berbagai arti. Pertama sebagai pengelolaan, pengendalian atau penanganan ("managing"). Kedua, perlakuan secara terampil untuk menangani sesuatu berupa skillful treatment. Ketiga, gabungan dari dua perngertian tersebut, yaitu yang berhubungan dengan pengelolaan suatu perusahaan, rumah tangga atau suatu bentuk kerja sama dalam mencapai suatu tujuan tertentu.
Tiga pengertian itu mendukung kesepakatan anggapan bahwa manajemen dapat dipandang sebagai ilmu dan seni. Manajemen sebagai ilmu artinya manajemen memenuhi kriteria ilmu dan metode keilmuan yang menekankan kepada konsep-konsep, teori, prinsip dan teknik pengelolaan.
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.Tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk : menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia, mengindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan dan menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat dilukiskan : manaejemen menjelaskan perlu adanya proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan tertentu. Tata kerja menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
4. Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
Manajemen, organisasi dan tata kerja berkaitan satu sama lain. Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia. Untuk melaksanakannya diperlukan organisasi sebagai wadah atau alat untuk mencapai tujuan tersebut. Kemudian untuk mengetahui bagaimana kegiatan kerja sama tersebut sebaiknya dilakukan atau dibutuhkan tata kerja atau metode untuk mencapainya dengan efisien dan tepat.
Sumber :
1. Yayat M. Herujito.2001.grasindo: Dasar-dasar manajemen. bogor: PT Grasindo
2. http://soniafebriyani.blogspot.co.id/2012/06/manajemen-dan-tata-kerja.html
3. http://avanza250.wordpress.com/2010/11/20/organisasi-manajemen-dan-tata-kerja/
4. http://megasuryono.blogspot.com/2012/03/manajemen-dan-tata-kerja.html
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.Tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk : menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia, mengindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan dan menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat dilukiskan : manaejemen menjelaskan perlu adanya proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan tertentu. Tata kerja menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
4. Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
Manajemen, organisasi dan tata kerja berkaitan satu sama lain. Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia. Untuk melaksanakannya diperlukan organisasi sebagai wadah atau alat untuk mencapai tujuan tersebut. Kemudian untuk mengetahui bagaimana kegiatan kerja sama tersebut sebaiknya dilakukan atau dibutuhkan tata kerja atau metode untuk mencapainya dengan efisien dan tepat.
Sumber :
1. Yayat M. Herujito.2001.grasindo: Dasar-dasar manajemen. bogor: PT Grasindo
2. http://soniafebriyani.blogspot.co.id/2012/06/manajemen-dan-tata-kerja.html
3. http://avanza250.wordpress.com/2010/11/20/organisasi-manajemen-dan-tata-kerja/
4. http://megasuryono.blogspot.com/2012/03/manajemen-dan-tata-kerja.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar