Arti Pentingnya Organisasi dan Metode
1. Pengertian Organisasi
Organisasi identik dengan sekelompok individu yang terstruktur dan sistematis yang berada dalam sebuah sistem. definisi lain dari organisasi adalah wadah untuk sekelompok individu yang berinteraksi dalam wewenang tertentu.
Organisasi identik dengan sekelompok individu yang terstruktur dan sistematis yang berada dalam sebuah sistem. definisi lain dari organisasi adalah wadah untuk sekelompok individu yang berinteraksi dalam wewenang tertentu.
Istilah Organisasi dapat diartikan sebagai :
wadah : sekelompok manusia untuk saling bekerja sama
proses : pengelompokkan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien
Pengertian organisasi yang umum adalah sekumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi memiliki beberapa batasan-batasan yang dapat digambarkan dalam sebuah organisasi.
definisi organisasi menurut para ahli :
A. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang yang ada dibawah pengawasan dan pengarahan atasan untuk mengejar tujuan bersama.
B. Stephen P. Robbins mengatakan organisasi merupakan kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relative dapat diidentifikasi dan bekerja atas dasar relative yang terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
adapun definisi organisasi formal dan informal :
A. Organisasi Formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.
Contoh : Perseroan terbatas, sekolah, negara dan lain sebagainya.
B. Organisasi Informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.
Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak Sd dll.
Ciri-ciri organisasi :
a. organisasi adalah lembaga sosial yang terdiri atas sekelompok orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
b. organisasi dikembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.
c. organisasi secara sadar dikoordinasikan dan dengan sengaja disusun.
d. organisasi adalah instrumen sosial yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasikan.
Struktur organisasi walaupun hanya menyajikan kerangka bangunan organisasi, tetapi merupakan suatu subsistem penting dalam sistem organisasi formal. Dalam menganalisis struktur suatu organisasi, tidask bisa lepas begitu saja dari desain organisasi. Struktur organisasi disusun adalah untuk membantu pencapaian tujuan organisasi dengan lebih efektif. Tujuan organisasi tersebut akan menentukan struktur organisasinya. Jadi struktur organisasi merupakan suatu kerangka yang menunjukkan seluruh kegiatan-kegiatan untuk pencapaian organisasi tersebut.
struktur organisasi (formal) mempunyai dua muka yaitu :
a. model struktur, dalam hal ini kita dapat mempergunakan prinsip-perinsip teori organisasi.
b. dimensi-dimensi dasar struktur yang akan menentukan kegiatan-kegiatan dan hubungan-hubungan yang harus dilakukan dan tingkat spesialisi yang dapat diberikan.
variabel-variabel kunci yang menentukan desain struktural organisasi yaitu :
a. strategi dan struktur
b. lingkungan yang melingkupinya
c. teknologi yang digunakan
d. orang-orang yang terlibat didalam organisasi
tiga model struktur organisasi yang dikenal yaitu :
a. model tradisional
b. model hubungan manusiawi
c. model sumber daya manusia
2. Manajemen dan Organisasi
Manajemen sebagai suatu proses, melihat bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Manajemen juga seni melaksanakan mengatur dan mengatur. Manajemen secara universal belum memiliki definisi yang tepat dan dapat diterima.
Mary Parker Follet mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan tapi melalui orang lain, artinya seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien, manajemen perlu melewati beberapa proses, yaitu proses perencanaan, pengoordinasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya.
Hubungan Manajemen dan Organisasi memiliki hubungan yang erat. Untuk mencapai suatu tujuan diperlukan kerja team, ibaratkan di suatu perusahaan seorang manajer mebagikan tugas kepada anggota teamnya yang terdiri dari 10 orang, 2 orang pertama mempunyai tugas menulis, 2 orang berikutnya mempunyai tugas mengedit, 2 orang selanjutnya mempunyai tugas memposting dan begitu seterusnya hingga menjadikan kerja sama team yang solid antara manajer dan organisasi.
Sumber :
1. Widyatmini, Amperaningrum Izzati.1991.serikat diktat kuliah: Pengantar Organisasi dan Metode. Depok: Gunadarma
2. http://dellafan.pun.bz/definisi-organisasi-adalah.xhtml
3. http://www.apapengertianahli.com/2015/03/pengertian-organisasi-tujuan-ciri-struktur-organisasi.html
4. http://bangbiw.com/pengertian-tentang-organisasi-manajemen-dan-tata-kerja/
adapun definisi organisasi formal dan informal :
A. Organisasi Formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.
Contoh : Perseroan terbatas, sekolah, negara dan lain sebagainya.
B. Organisasi Informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.
Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak Sd dll.
Ciri-ciri organisasi :
a. organisasi adalah lembaga sosial yang terdiri atas sekelompok orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
b. organisasi dikembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.
c. organisasi secara sadar dikoordinasikan dan dengan sengaja disusun.
d. organisasi adalah instrumen sosial yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasikan.
Struktur organisasi walaupun hanya menyajikan kerangka bangunan organisasi, tetapi merupakan suatu subsistem penting dalam sistem organisasi formal. Dalam menganalisis struktur suatu organisasi, tidask bisa lepas begitu saja dari desain organisasi. Struktur organisasi disusun adalah untuk membantu pencapaian tujuan organisasi dengan lebih efektif. Tujuan organisasi tersebut akan menentukan struktur organisasinya. Jadi struktur organisasi merupakan suatu kerangka yang menunjukkan seluruh kegiatan-kegiatan untuk pencapaian organisasi tersebut.
struktur organisasi (formal) mempunyai dua muka yaitu :
a. model struktur, dalam hal ini kita dapat mempergunakan prinsip-perinsip teori organisasi.
b. dimensi-dimensi dasar struktur yang akan menentukan kegiatan-kegiatan dan hubungan-hubungan yang harus dilakukan dan tingkat spesialisi yang dapat diberikan.
variabel-variabel kunci yang menentukan desain struktural organisasi yaitu :
a. strategi dan struktur
b. lingkungan yang melingkupinya
c. teknologi yang digunakan
d. orang-orang yang terlibat didalam organisasi
tiga model struktur organisasi yang dikenal yaitu :
a. model tradisional
b. model hubungan manusiawi
c. model sumber daya manusia
2. Manajemen dan Organisasi
Manajemen sebagai suatu proses, melihat bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Manajemen juga seni melaksanakan mengatur dan mengatur. Manajemen secara universal belum memiliki definisi yang tepat dan dapat diterima.
Mary Parker Follet mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan tapi melalui orang lain, artinya seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien, manajemen perlu melewati beberapa proses, yaitu proses perencanaan, pengoordinasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya.
Hubungan Manajemen dan Organisasi memiliki hubungan yang erat. Untuk mencapai suatu tujuan diperlukan kerja team, ibaratkan di suatu perusahaan seorang manajer mebagikan tugas kepada anggota teamnya yang terdiri dari 10 orang, 2 orang pertama mempunyai tugas menulis, 2 orang berikutnya mempunyai tugas mengedit, 2 orang selanjutnya mempunyai tugas memposting dan begitu seterusnya hingga menjadikan kerja sama team yang solid antara manajer dan organisasi.
Sumber :
1. Widyatmini, Amperaningrum Izzati.1991.serikat diktat kuliah: Pengantar Organisasi dan Metode. Depok: Gunadarma
2. http://dellafan.pun.bz/definisi-organisasi-adalah.xhtml
3. http://www.apapengertianahli.com/2015/03/pengertian-organisasi-tujuan-ciri-struktur-organisasi.html
4. http://bangbiw.com/pengertian-tentang-organisasi-manajemen-dan-tata-kerja/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar